Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kapuas akan Siapkan Tanaman Pengganti Pohon di Hutan Kota

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Maret 2023 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Puluhan pohon sengon di taman hutan Kota Kuala Kapuas yang berlokasi di Jalan Tambun Bungai terlihat ditebangi petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas.

Setelah nantinya semua pohon yang berukuran besar tersebut ditebang, DLH Kabupaten Kapuas akan menyiapkan tanaman pengganti atau peremajaan di Hutan Kota Kuala Kapuas.

"Kami nantinya akan menyiapkan dengan memesan ke tempat bibit tanaman yang ditanam itu, misalnya pohon ulin ciri khas daerah, anggrek hutan, tanaman buah-buahan, dan lainnya," kata Kepala DLH Kapuas, Karolinae saat ditemui awak media di kantor DPMD Kapuas, Kamis, 16 Maret 2023.

"Tapi akan ditimbun dulu tanahnya, satu sampai dua meter supaya tinggi. Kami mau persiapkan dulu untuk penimbunan karena perlu anggaran," ucapnya.

Sebelumhya, Kabid Tata Lingkungan DLH Kapuas, Margus mengatakan, tujuan penebangan sesuai instruksi bupati untuk mengantisipasi cuaca ekstrem bahwa pohon sengon yang di hutan kota sudah cukup tinggi, berdiameter besar dan rawan tumbang.

"Jadi instruksi bupati menghindari terjadinya hal hal yang tidak diinginkan maka ditebang," jelasnya.

Puluhan batang pohon sengon yang sudah ditebang tersebut dikumpulkan. Selanjutnya, akan dilelang oleh pemerintah daerah setempat untuk kas daerah. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru