Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Kenali Flu Burung pada Unggas

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Maret 2023 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Palangka Raya, Eko Hari Yuwono menyampaikan tips untuk mengenali penyakit flu burung pada unggas.

Eko menjelaskan, unggas yang sakit biasanya akan terlihat lesu, tidak nafsu makan, dan cenderung diam. Selain itu, pada fisik unggas biasanya terlihat ada pembengkakan dan atau ruam biru pada kepala, unggas tiba-tiba mengalami kelumpuhan, dan lainnya.

“Tapi, secara umum terkait flu burung ini paling mudah dikenali adalah, terjadi kematian mendadak dalam jumlah besar pada populasi unggas tertentu dan terjadi dalam waktu yang singkat,” ucapnya, Jumat, 17 Maret 2023.

Menurutnya sebagai upaya mitigasi, peran masyarakat peternak menjadi salah satu poin kunci. Peternak harus secara rutin dan berkala melakukan disinfeksi pada kandang, serta berhati-hati saat memasukan ternak atau bibit ternak baru kedalam kandang.

Selain itu, perlu pastikan ternak atau bibit ternak yang didatangkan dari luar daerah Kalteng, khususnya Palangka Raya itu sudah mengantongi surat keterangan kesehatan hewan.

 

Terutama surat yang menyatakan bahwa ternak tersebut sudah diperiksa dan dilakukan vaksinasi di daerah asal, serta lakukan koordinasi dengan dinas terkait agar memudahkan pemeriksaan dan monitoring terhadap unggas.

"Sejauh ini fokus mitigasi dari pemerintah adalah melakukan disinfeksi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya peternak. Untuk layanan vaksinasi sejauh ini masih belum ada, yang sudah itu cuma di daerah endemi flu burung saja,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru