Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Bangun Tanggul Banjir Swadaya

  • 09 Maret 2016 - 21:42 WIB

WARGA Desa Binawara, Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bum'bu belakangan ini mem'bu'at tanggul secara swadaya untuk mengantisipasi agar luapan air Sungai Kusan tidak merendam rumah mere'ka.

'Warga yang tempat ting'gal'nya berada di bantaran Su'ngai Kusan mulai waswas, karena arus sungai semakin de'ras dan air mulai meluap sam'pai ke rumah,' kata salah se'orang warga Binawara, Rabu (9/3/2016).

Ia menyebutkan, bila terja'di hujan deras di daerah pegu'nu'ngan, aliran Sungai Kusan akan semakin meluap dan merendam rumah warga di sepanjang bantaran sungai.

Untuk mengantisipasi agar air tidak semakin meluap, war'ga terpaksa membuat atau memperbaiki tanggul de'ngan mengunakan pasir yang dimasukan ke dalam ka'rung dan diikat, lalu disusun.

'Derasnya arus Sungai Ku'san juga membuat akses ja'lan yang menjadi jalur uta'ma bagi warga untuk beraktivitas ikut terkikis dan ru'sak,' kata warga itu lagi.

Wakil Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor saat meninjau banjir di Desa Binawara menuturkan, tang'gul yang terbuat dari tumpukan pasir hanya bersifat semente'ra agar air tidak sampai meng'ge'nangi rumah warga. Namun ke depannya tanggul pe'nahan air harus dibuat se'cepatnya.

'Saya sudah meminta ke'pala Dinas Pekerjaan Umum agar segera me'ngirim materi'al untuk mem'buat tanggul se'kaligus meninggikan badan jal'an.' (Ant/B-3)

Berita Terbaru