Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet dan Rotan Tidak Stabil, Warga di Desa Manduing Taheta Harapkan Solusi

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Maret 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Siti Nafsiah mengatakan tidak stabilnya harga karet dan rotan di wilayah Kalteng hingga saat ini menjadi keluhan masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya ketika melaksanakan reses.

Seperti di Desa Manduhing Taheta di Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten Katingan, warga disana mengeluh karena harga karet dan rotan belum juga menunjukan stabil, padahal mayoritas mata pencaharian warga disana yakni dari usaha perkebunan karet dan rotan, sehingga mereka mengharapkan solusi dari pemerintah.

"Setiap kita melaksanakan reses terkait harga karet dan rotan ini memang kerap menjadi aspirasi masyarakat, karena memang harganya saat ini tidak stabil bahkan cenderung menurun, ini yang menjadi keluhan warga khususnya di Desa Manduhing Taheta," ujarnya, Senin, 20 Maret 2023.

Dengan kondisi itu, masyarakat pun meminta dan mengharapkan solusi dari pemerintah untuk menstabil harga kedua komoditi usaha tersebut. Pasalnya, persoalan harga itu sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Manduing Taheta.

Selain itu, usulan lain yakni mengenai adanya perhatian terhadap UMKM warha disana. Mereka menginginkan pemerintah daerah melalui instansi terkait mengadakan pelatihan kerajinan anyaman rotan di Desa Manduing Taheta.

"Rotan merupakan salah satu komoditi usaha perkebunan masyarakat di Desa Manduing Taheta, dan kini kondisi harganya pun masih belum stabil. Sehingga melatarbelakangi sebagian kalangan masyarakat untuk mengolah rotan menjadi barang kerajinan untuk meningkatkan nilai jual dari rotan itu sendiri," jelasnya.

Melihat kondiai demikian, dirinya pun meminta pemerintah daerah melalui instansi atau dinas terkait agar dapat segera menanggapi dan menindak lanjuti usulan tersebut, dengan memprogramkan berbagai kegiatan pelatihan secara berkesinambungan.

Terlepas dari itu, ia juga berharap kedepan pemerintah daerah tidak hanya sebatas memberikan program-program pelatihan, namun perlu mendukung upaya promosi dan pemasaran dari produk kerajinan rotan yang telah dihasilkan. Sehingga, akhirnya perekonomian masyarakat Desa Manduing Taheta dapat maju dan berkembang dan masyarakat pun bisa semakin sejahtera.

"Harapan kita tentu aspirasi ini bisa ditindak lanjuti serta direalisasi pemerintah daerah kedepan dalam program kerja selanjutnya. Karena hal itu sangat berkaitan dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, wajib bagi pemerintah memperhatikan hal tersebut," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru