Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Kerawanan Rutan Palangka Raya Dianggap Masih Rendah

  • Oleh Apriando
  • 21 Maret 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya menggelar razia gabungan dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, dan TNI/Polri pada blok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Razia tersebut dilakukan dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan dan mensukseskan Zero Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkoba) di lingkungan UPT pemasyarakatan di Kalimantan Tengah.

Dalam hasil razia, petugas menemukan beberapa barang terlarang seperti korek api pematik (mancis), kabel, sendok, alat permainan kartu, dan barang terlarang lainnya di beberapa kamar hunian WBP. Petugas juga melakukan tes urine kepada WBP, namun hasilnya negatif. 

Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Edy Suprianto mengatakan bahwa dari sudut kerawanan, tingkat resikonya rendah dan penanganan Rutan Kelas IIA Palangka Raya sudah cukup baik.

"Dari hasil temuan kami memang masih ada beberapa barang terlarang yang ada di kamar hunian WBP. Namun kalau dilihat dari sudut kerawanan, tingkat resikonya rendah. Jadi dapat disimpulkan penanganan Rutan Kelas IIA Palangka Raya sudah cukup baik," katanya sebagaimana dikutip dalam rilis yang diterima di Palangka Raya, Selasa, 21 Maret 2023.

Dalam razia tersebut, beberapa instansi terkait seperti Kepolisian Resort Kota Palangka Raya, dan Komando Distrik Militer 1016/Palangka Raya juga turut serta. Kepala Rutan Ma’ruf melalui Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Palangka Raya Hadi menyatakan, mereka akan terus melakukan razia secara rutin setiap bulannya serta sewaktu-waktu dapat melakukan razia insidentil guna memastikan barang terlarang tidak masuk ke kamar hunian WBP.

Hadi juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen penuh dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan setempat serta upaya pencegahan masuknya narkoba serta barang terlarang lainnya. 

"Kita akan selalu bergerak, menciptakan Kamtib yang baik, semoga kedepannya Rutan Kelas IIA Palangka Raya terbebas dari Halinar," ujarnya. Meski begitu, pihak Rutan tetap melakukan razia secara rutin dan sewaktu-waktu untuk memastikan tingkat kerawanan tetap rendah dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam Rutan Kelas IIA Palangka Raya. (APRIANDO/H)

Berita Terbaru