Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pahandut Sediakan Layanan Bikin NIB Gratis Bagi UMKM

  • Oleh Hendri
  • 22 Maret 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Camat Pahandut Berlianto membuka layanan seluas-luasnya dalam rangka memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) secara gratis.

Layanan NIB gratis ini dibuatkan melalui sistem oss.go.id. Dalam waktu singkat, NIB bisa dibuatkan asalkan identitas UMKM sesuai data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) disertai lokasi usaha yang jelas.

Layanan ini sengaja diberikan agar ke depannya UMKM di Kota Cantik memiliki legalitas dalam berusaha sekaligus sebagai pendataan mengenai keberadaan pelaku usaha.

“Saat ini setiap UMKM wajib memiliki NIB karena ini sebagai dokumen dasar sebagai bukti jika pelaku usaha itu terdaftar melalui lembaga pemerintah. Tidak ada batasan untuk layanan ini, silakan datang ke kami bawa berkasnya," katanya, Rabu, 22 Maret 2023.

Berlianto mengaku terus mensosialisasikan program ini kepada semua lurah di wilayah Pahandut agar mereka bisa meneruskan kepada aparatur di bawahnya. Masyarakat yang hendak mendapatkan NIB bisa langsung ke kantor Kecamatan maupun kantor kelurahan.

Ia mengakui saat ini dokumen NIB sangat penting, karena bisa digunakan untuk keperluan administrasi, termasuk urusan ke lembaga keuangan sebagai jaminan penyaluran kredit termasuk jaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Perbankan. (HENDRI/H)

Berita Terbaru