Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prakiraan Cuaca Barito Timur 27-29 Maret 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Maret 2023 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Puncak musim hujan tahun 2023 di Kabupaten Barito Timur menunjukkan tanda-tanda segera berakhir.

Hal ini terlihat dari informasi prakiraan cuaca untuk tanggal 27-29 Maret 2023 yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Minggu, 26 Maret 2023

Pada 27 Maret seluruh kecamatan di Barito Timur masih berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang, sedangkan tanggal 28 Maret tidak satupun kecamatan yang mengalami potensi hujan yang sama.

"Pada tanggal 29 hanya 7 kecamatan yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yakni Kecamatan Pematang Karau, Raren Batuah, Dusun Tengah, Paku, Karusen Janang, Paju Epat, Awang, Patangkep Tutui, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur," ungkap Kepala Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu Nur Setiawan.

Meski secara umum curah hujan mulai menurun, dia tetap mengingatkan masyarakat Barito Timur yang berada di wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang.

Nur Setiawan juga mengungkapkan bahwa tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1007 hingga 1012 hectopascal.

Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat ke Timur Laut, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari Timur Laut menuju Barat Laut.

Selanjutnya kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah umumnya berawan hingga hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah.

"Suhu udara di Kalimantan Tengah berkisar antara 22 derajat celsius hingga 33 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar antara 50 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup
dari Barat Daya menuju Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam," tandas Nur Setiawan. (BOLE MALO/R)

Berita Terbaru