Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PUPR Murung Raya Imbau Warga Hati-hati Lewat Jalan Menuju Muara Laung Nyaris Longsor

  • Oleh Trisno
  • 27 Maret 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengimbau agar warga harus ekstra hati-hati saat melewati jalan menuju Kelurahan Muara Laung, Kecamatan Laung Tuhup.

imbauan itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Murung Raya, Paulus Manginte dikarenakan terdapat banyak titik di jalan tersebut mengalami kerusakan dan bahkan terancam mengalami longsor.

“Hal ini dikarenakan banyak faktor, diantaranya kondisi cuaca di Murung Raya yang akhir-akhir ini sering terjadi hujan,” kata Paulus di Puruk Cahu.

Dijelaskan Paulus, akses jalan menuju Muara Laung yang konturnya curam menyebabkan tanah yang diatasnya terdapat aspas mengalami amblas sehingga jalan mengalami kerusakan serta membahayakan para pengendara.

“Kondisi tanah yang labil tidak mampu menahan derasnya aliran air. Sehingga membuat jalan di tepi jurang tersebut longsor,” ucapnya.

Melihat kondisi jalan yang cukup parah akibat tergerus longsor dan membahayakan pengendara , Paulus juga mengatakan pihaknya bersama Dinas Perhubungan setempat memasang rambu-rambu berupa himbauan agar pengendara berhati-hati disaat melintasi kawasan tersebut.

Paulus menambahkan di tahun 2023 ini pemerintah daerah akan melakukan perbaikan secara berkala di jalan menuju Muara Laung atau yang dinamakan Jalan Gajah Mada tersebut.

Sementara itu dari pantauan di jalan tersebut, diperkirakan peristiwa longsor sudah cukup lama terjadi, terlihat dari tebing longsor menggerus sebagian bahu jalan hingga aspal pun amblas dengan kedalaman kurang lebih sekitar 50 sentimeter.

Selain itu, akibat longsor jalan aspal tampak retak-retak, ditambah lagi permukaan jalan yang menikung, sehingga sebaiknya pengendara memperlambat laju kendaraannya, terlebih lagi saat malam hari, karena lampu penerangan dikawasan ini juga sangat minim, membuat pengendara harus lebih hati-hati. (Trs)

Berita Terbaru