Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 28 Maret 2023 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung dapat menyebabkan munculnya rasa panas di dada karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Apa saja yang faktor yang mempengaruhi asam lambung bisa naik Makanan yang memicu naiknya asam lambung seperti makanan pedas, asam, makanan tinggi lemak serta minuman bersoda, pahit dan lainnya. 

Pola makan yang tidak sehat itulah yang memicu naiknya asam lambung. Rasa kembung karena banyaknya gas pada lambung disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan sehingga banyaknya produksi gas yang berlebihan pula pada lambung.

Lantas bagaimana bagi penderita asam lambung bisa dapat menjalani puasa dengan aman 

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar), dr. Jhonferi Sidabalok menyampaikan bahwa ada beberapa tips untuk penderita asam lambung agar dapat menjalani puasa.

"Harus sahur dulu, jangan tidak sahur. Terus makan itu jangan terlalu kenyang juga, makan jangan terburu-buru. Kedua, kalau sudah waktunya buka ya jangan ditunda. Ketiga, makannya juga walaupun masih lapar mending jangan sekaligus makan itu porsi besar dikit dulu, misalnya habis buka makan dikit dulu setelahnya sholat magrib, habis teraweh makan lagi gak papa," katanya pada Senin, 28 Maret 2023. 

Makanlah saat berbuka dengan porsi kecil tetapi bisa dilakukan berulang-ulang. Kemudian, ia menenekankan bahwa untuk menjaga jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. 

"Jenis makanan itu jangan pilih yang ekstrem, yang memicu asam lambung contohnya kayak makanan bersoda, minum terlalu dingin, terlalu pedas, asam, yang misalnya buka itu langsung kopi. Nah, itu kalau orang yang punya sakit maag coba dihindari. Perlu dihindari juga yang mengandung gas kayak sawi, kol, itu coba dikurangi," ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan untuk tak lupa meminum air putih juga selama bulan puasa minimal 8 gelas/hari atau lebih serta menghindari minuman mengandung soda, pahit, asam bagi penderita asam lambung. (NURITA/J)

Berita Terbaru