Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Direktur Perbenihan Hortikultura Apresiasi Prestasi Kalteng Tangani Inflasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Maret 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Perbenihan Hortikultura Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Inti Pertiwi Nashwari mengapresiasi prestasi Kalteng dalam menangani inflasi.

“Saya surprise ya (sebelumya) Kalteng itu nomor 2 inflasi tertinggi nasional, tadi disampaikan sudah turun ke angka 16 berarti, prestasi,” tuturnya saat di Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, Selasa, 28 Maret 2023.

Ia menilai hasil tersebut menunjukan ketersediaan pangan dan harga di dua kota pantau inflasi yang awalnya tinggi saat ini sudah turun.

Inti mengatakan penurunan tersebut bisa terjadi karena prinsip permintaan (supply) dan persediaan (demand), yang tadinya pasokan langka menyebabkan harga tinggi, sudah mulai turun dengan seiring banyaknya pasokan.

Sebelumnya Sekda Kalteng, Nuryakin menyampaikan saat ini inflasi Kalteng sudah berada di bawah angka inflasi rata-rata nasional.

“Alhamdulillah inflasi kita sudah masuk di urutan 16 nasional yaitu 5,81 persen, ini sudah jauh dari rata-rata inflasi nasional,” jelasnya.

Nuryakin menyampaikan kondisi stok dan ketersediaan bahan pangan Kalteng aman dengan harga cabai murah, beras dan minyak goreng tersedia. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru