Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Daerah di Kalteng Berpotensi Gempa

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 Maret 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti melalui Prakirawan cuaca Muhammad Ihsan Sidiq menyampaikan ada lima daerah di Kalteng berpotensi rawan gempa.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Selatan dan terakhir Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah Kota Palangka Raya.

"Sebagai langkah antisipasi terjadinya gempa di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kami telah memasang alat - alat pendeteksi gempa di lima daerah tersebut, " Katanya, Rabu, 29 Maret 2023.

Sambungnya, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat, pulau Kalimantan khususnya Provinsi Kalimantan Tengah merupakan daerah paling kecil potensinya terjadi gempa.

Hal ini dikarenakan, selain letak geografis, di Provinsi Kalimantan Tengah juga tidak di kelilingi oleh gunung - gunung berapi aktif, yang dapat membuat permukaan tanah bergetar hingga menyebabkan gempa.

"Untuk update data terbaru dan informasi mengenai cuaca atau deteksi dini gempa masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah bisa mengakses website Kalteng.bmkg.go.id atau pesan WhatsApp ke nomor 0821-5409-6727," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru