Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamat Ekonomi: Bulan Ramadan Miliki Dinamika Pasar Unik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Maret 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat ekonomi Fitria Husnatarina menilai bahwa di bulan Ramadan memiliki dinamika pasar yang unik, yang mana psikologi masyarakat juga ikut mempengaruhi.

Terlihat, ketika menjelang Ramadan permintaan masyarakat akan menjadi lebih tinggi dibanding bulan-bulan lainnya, baik untuk memenuhi aktivitas keagamaan maupun aktivitas sosial lainnya.

“Unik karena meski harga barang itu fluktuatif dan cenderung naik, tapi masyarakat tidak mempermasalahkan, karena memang sudah menjadi mekanisme pasar yang terbentuk secara berulang, dan ini sudah terinternalisasi bahwa aktivitas kita sepanjang bulan Ramadan itu seperti ini,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Tapi, menurut dia, yang menjadi penting adalah semua kebutuhan dasar dan aktivitas jual beli itu bisa dikondisikan dengan normal.

“Oleh karena itu, apapun caranya, rantai pasok ini jangan sampai putus. Jika distribusi barang dari luar daerah, maka harus dipastikan bahwa tidak ada gangguan dalam prosesnya,” tutur dia.

“Mungkin bisa saja distribusi berjalan lancar, namun kuantitas produknya tidak mampu memenuhi permintaan pasar, maka harga tetap akan naik. Jadi kuncinya ada pada ketersediaan dan distribusinya,” tambahnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru