Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Belum Evakuasi Orangutan di Permukiman Warga, Ini Alasannya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 04 April 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menanggapi adanya orangutan berjenis kelamin jantan masuk ke permukiman warga, petugas BKSDA Kalimantan Tengah (Kalteng) langsung bergerak menuju lokasi untuk melihat kondisi orangutan.

Seekor orangutan dewasa itu masuk ke permukiman warga dan memanjat serta memakan buah rambutan warga, di Jalan Victoria, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa, 4 April 2023.

Salah seorang Polisi Hutan BKSDA Kalteng, Perdi mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan pimpinan, pihaknya belum melakukan evakuasi orangutan tersebut ke habitatnya.

"Jadi untuk sementara kita akan terus melakukan pemantauan dengan menempatkan petugas untuk standby di lokasi," katanya.

Dijelaskannya, langkah selanjutnya yang akan dilakukan yakni, jika memungkinkan pihaknya akan menggiring satwa yang memiliki kekuatan kurang lebih 3 hingga 4 kali lipat dari manusia tersebut, ke habitatnya di Taman Nasional Sabangau.

Berdasarkan pantauan dari data, antara permukiman warga dengan Taman Nasional Sabangau berjarak kurang lebih 6 kilometer, satwa yang diperkirakan memiliki bobot seberat 65 hingga 70 kilogram tersebut masuk ke permukiman warga akibat kesasar dari habitatnya.

"Kalau mencari makan ke permukiman warga itu kemungkinan kecil. Karena di Taman Nasional Sabangau itu sumber makanannya tidak akan kurang. Jadi kemungkinan satwa ini nyasar masuk ke permukiman warga," pungkasnya (PATHUR/J)

Berita Terbaru