Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 5 Kunci Keamanan Pangan Ala BPOM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 April 2023 - 22:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya memberikan 5 tips untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi.

Dimula dari tips pertama menjaga kebersihan, dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah pangan, mencuci peralatan masak dan menjaga area dapur dan pangan dari seranggan hama maupun binatang.

Kemudian, perlu memisahkan pangan matang dan pangan mentah, karena cairan yang berasal dari pangan mentah seperti daging ataupun seafood dapat mengandung kuman berbahaya dan dapat mencemari pangan lainnya.

Tips paling penting adalah memasak masakan dengan benar.  Pangan rebus perlu dipanaskan sampai mendidih dan diusahakan mencapai suhu lebih dari 70 derajat celcius. Kemudian untuk daging diusahakan cairannya sampai bening tidak berwarna merah muda.

Setelah itu perlu menjaga pangan pada suhu aman. Pangan yang telah dimasak diusahakan berada pada suhu diatas 60 derajat celcius, atau tidak lama dalam suhu ruang. Pangan yang cepat rusak perlu segera disimpan di lemari pendingin.

“Makanan siap saji rata-rata hanya dapat bertahan dalam kondisi baik 2 jam dalam suhu ruang. Sehingga perlu dipanaskan untuk menghindari pencemaran kuman,” ungkap Kepala BPOM Palangka Raya, Safriansyah, Rabu, 5 April 2023.

Terakhir perlu menggunakan air dan bahan baku makanan yang aman. Air yang digunakan dalam keadaan bersih, jernih, tidak berasa dan tidak berbau.

Sebisa mungkin pilih bahan baku yang segar dan bermutu serta buah dan sayur yang dimakan langsung perlu dicuci menggunakan air minum.

Tidak lupa perlu selalu ingat cek klik setiap membeli pangan terkemas, cek kemasan tidak rusak bocor atau berkarat, cek labelnya, cek izin edar dan cek kadaluarsa. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru