Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Kobar Berikan Tips Memilih Takjil Sehat Bulan Ramadan

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 05 April 2023 - 23:55 WIB

BORNEONEWS, Pangakalan Bun - Pada bulan suci Ramadan banyak masyarakat yang berburu takjil untuk sahur maupun berbuka puasa. Namun, dibalik asupan makanan yang dikonsumsi harusnya memiliki gizi seimbang dan sehat. 

Bagaimana tips untuk memilih takjil (makanan pada bulan ramadan) secara sehat 

BPOM Kotawaringin Barat (Kobar) Kodon Tarigan menyampaikan tips yang perlu diperhatikan memilih makanan sehat dan baik untuk sahur dan berbuka puasa. 

"Pertama kebersihan dari pada yang menjual. Kedua, kebersihan dari pada tempatnya, karena kadang-kadang penjual langsung main tangan jadi harus dengan alas seperti itu. Sanitasi kebersihan paling utama baik tempat ataupun penjualnya," ujarnya pada Rabu, 5 April 2023.

Kemudian dia menyampaikan bahwa perlu waspada pada tampilan makanan seperti tekstur dan warna yang sangat terang pada makanan yang dijual selama bulan Ramadan tersebut. 

Selanjutnya adalah cita rasa dari makanan tersebut yang terlalu tajam misalkan manis yang dikonsumsi secara berlebihan maka mempengaruhi pada kesehatan tubuh. 

Selama bulan Ramadan, BPOM Kobar melaksanakan intenfikasi uji pangan melalui laboratorium keliling dan sudah dijadwalkan hingga menjelang lebarang pada seluruh Kabupaten Kobar, Lamandau, Sukamara serta Seruyan. 

"Kita tidak hanya sebatas di pasar ramadan saja, intenfikasi kita juga ke produk pangan olahan lain yang ada di pasar maupun mini market," katanya.(NURITA/H)

Berita Terbaru