Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Komoditas ini Jadi Penyebab Inflasi Menurut BI Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 April 2023 - 01:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah atau BI Kalteng, Taufik Saleh menyampaikan bahwa sesuai rilis BPS inflasi pada Maret 2023 terutama didorong oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau seiring meningkatnya harga yakni beras, cabai rawit, ikan tongkol, ikan gabus dan rokok kretek filter.

"Peningkatan harga beras diantaranya berkaitan dengan penetapan kenaikan harga beli gabah dan HET beras oleh Pemerintah, merespon terus meningkatnya biaya input yang tercermin Indeks Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal atau BPPBM," kata Taufik Saleh dalam kegiatan Temu Media di Gedung BI Kalteng pada Rabu, 5 April 2023 sore.

Berdasarkan rilis BPS, lanjut Taufik, tercatat Indeks BPPBM untuk tanaman pangan di Kalteng pada Maret 2023 sebesar 116,49 atau meningkat 5,32 persen, dibandingkan Maret 2022 sebesar 110,61. Sementara itu, kenaikan harga rokok kretek filter seiring dengan kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10 persen pada tahun 2023.

"Kelompok komoditas penyumbang inflasi berikutnya berasal dari kelompok transportasi utamanya akibat kenaikan tarif angkutan udara. Harga tiket pesawat meningkat seiring dengan tingginya permintaan menjelang Ramadan yang bertepatan dengan libur nasional, di tengah masih terbatasnya frekuensi penerbangan ke dan dari Kalteng," tuturnya lagi 

Berdasarkan rilis BPS, lanjut Taufik, selama Januari-Februari 2023, jumlah penumpang angkutan udara meningkat sebesar 28,82 persen, sementara dari sisi frekuensi penerbangan meningkat terbatas sebesar 11,35 persen.

"Hal ini tentunya tidak lepas dari masih terbatasnya jumlah maskapai yang dapat dioperasikan pihak maskapai pasca pandemi Covid-19," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru