Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wapres: Kerukunan Umat Penting untuk Wujudkan Visi Indonesia Maju

  • Oleh ANTARA
  • 08 April 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengingatkan kerukunan umat adalah fondasi bagi persatuan dan kedamaian bangsa yang penting dalam mewujudkan visi Indonesia Maju.

Demikian disampaikan Wapres dalam sambutannya pada peringatan Nuzulul Quran 1444 Hijriah/2023 Masehi, yang disampaikan secara daring melalui tayangan YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia di Jakarta, Jumat malam.

"Kerukunan adalah fondasi bagi persatuan dan kedamaian bangsa kita. Seluruh program, rencana, dan kerja kebaikan demi mewujudkan visi Indonesia Maju hanya dapat dieksekusi jika bangsa kita rukun dan bersatu," ujar Wapres.

Perintah menjaga kerukunan tercantum dalam Al-Qur'an Surah An Nisa ayat 114: "Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mendamaikan antarmanusia yang berselisih."

Wapres menekankan bahwa mendamaikanantar manusia bukan hanya antarumat Islam, melainkan juga upaya mencegah terjadinya konflik atau perselisihan dan menjaga kerukunan.

Menurut dia, pengertian ayat tersebut sangat relevan bagi bangsa Indonesia yang besar dan majemuk dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama.

"Adanya perbedaan di antara umat manusia merupakan keniscayaan sesuai dengan realitas kehidupan manusia. Dalam hal ini Al-Qur'an juga telah menyatakan dalam Surah Hud ayat 118: 'Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat'," ujarnya.

Ma’ruf Amin menegaskan bahwa hikmah dari ayat tersebut adalah sekiranya Allah Swt. menghendaki bahwa pastilah akan menjadikan umat manusia sebagai umat yang bersatu. Akan tetapi, Allah Swt. tidak menghendakinya sehingga manusia akan tetap saling berbeda dalam agama-agama mereka.

Meski demikian, kata Wapres, perbedaan-perbedaan itu tidak boleh membuat umat manusia saling bermusuhan.

"Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan revitalisasi pengertian ayat di atas dalam kehidupan masyarakat dan bangsa yang majemuk untuk merekatkan dan merawat kerukunan," kata Wapres.

Berita Terbaru