Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Literasi Keuangan Penting Cegah Korban Pinjol Ilegal

  • Oleh Hendri
  • 10 April 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya Noorkhalis Ridha mengingatkan pentingnya memperkuat literasi keuangan bagi masyarakat. Ini berkaitan dengan banyaknya pinjaman online (Pinjol) dan investasi ilegal bertebaran di media sosial.

Menurutnya, tawaran menggiurkan itu dapat menjadi jerat apabila masyarakat tidak mendapatkan edukasi. Hal ini wajib menjadi perhatian pemerintah termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Edukasi perlu dilakukan secara rutin untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Karena jika tingkat literasi keuangan tinggi maka masyarakat tidak akan terjerat pinjaman online ilegal," katanya, Senin, 10 April 2023.

Ia mengatakan, platform pinjaman online ilegal meski sudah banyak yang ditutup oleh OJK tetapi tetap marak di masyarakat. Praktik-praktik yang tidak bertanggungjawab dan meresahkan masyarakat ini perlu menjadi perhatian bagi industri jasa keuangan.

“Perlu keberpihakan industri jasa keuangan khususnya perbankan terhadap pembiayaan. Misalnya industri jasa keuangan membuat program yang tidak mempersulit masyarakat jika ingin meminjam,” tegas Politisi Partai Amanat Nasional itu.

Karena pengajuan pinjaman di perbankan sulit, maka masyarakat mencari alternatif lain melalui pinjaman online karena kemudahan yang diberikan.

“Sekali lagi, perlu keberpihakan industri jasa keuangan khususnya perbankan terhadap pembiayaan, di mana kita sama-sama ingin memperkecil gap antara inklusi dan literasi," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru