Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kwarcab Kotim Sediakan Rumah Singgah Untuk Pemudik

  • Oleh Noor Annisa
  • 12 April 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kwarcab Kabupaten Kotawaringin Timur menyediakan rumah singgah untuk beristirahat bagi pemudik yang ingin berlebaran, terutama warga pedalaman, perantau ataupun karyawan perkebunan sawit yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kapal laut atau bus di Terminal Patih Rumbih.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kotim RW Sujarwo mengatakan, sembari menunggu jadwal keberangkatan, pemudik yang memerlukan tempat singgah akan ditampung di Pusdiklat Pramuka di Jalan Ahmad Yani tepatnya di belakang Dinas Perpustakaan Daerah serta terdapat spanduk bertuliskan Rumah Singgah Mudik Lebaran.

"Rumah singgah ini akan dibuka secara resmi pada 13 April-19 April 2023, tapi kalaupun ada yang lebih dulu datang atau lewat dari waktu yang disediakan tetap kami persilahkan," kata Sujarwo disela aktivitas mempersiapkan rumah singgah, Selasa, 11 April 2023.

Adapun fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma tersedia kamar tidur sebanyak 9 ruang dengan kapasitas 5 - 8 orang dengan tempat tidur lesehan, ditambah dengan aula pertemuan dengan kapasitas kurang lebih 100 orang, dilengkapi 8 ruang MCK serta tersedianya air dan listrik yang memadai. Hal ini dinilai cukup membantu karena pemudik bisa menghemat biaya dan tidak perlu menginap di pelabuhan.

Ia menyampaikan, selain pemudik yang menginap di rumah singgah tidak dipungut biaya, juga ada fasilitas antar jemput menggunakan mobil yang disediakan dari rumah singgah menuju ke pelabuhan dan terminal maupun sebaliknya. Lokasinya juga strategis karena jaraknya tidak sampai satu kilometer dari Pelabuhan Sampit dan hanya sekitar 100 meter dari Terminal Patih Rumbih.

Bagi yang memerlukan rumah singgah bisa menghubungi pihak Kwarcab Kotim ataupun datang langsung ke rumah singgah karena mereka yang berjaga di sana siap membantu.

Menurutnya, kegiatan sukarela dari anggota Pramuka ini sudah menjadi agenda tahunan bagi Kwarcab Kotim. Bahkan, Satgas Pramuka peduli kwarcab Kotim merupakan satu-satunya di Kalimantan Tengah yang membuka rumah singgah mudik lebaran.

"Rumah singgah dibuka hanya waktu menjelang mudik lebaran setiap tahunnya dan ini dimulai lagi setelah sempat ditiadakan karena pandemi covid-19," imbuhnya.

Penggalang dan penegak secara sukarela melayani tanpa mengharapkan imbalan, sebagai upaya mendukung arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, membantu pemudik selama mereka menunggu keberangkatan kapal daripada harus menunggu dan tidur di pinggir jalan di dekat pelabuhan.

"Kami biasanya juga ke lapangan menawarkan langsung kepada calon penumpang di pelabuhan, jika waktu keberangkatan masih lama agar bisa beristirahat dulu di rumah singgah," tutupnya.(NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru