Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamat : Mencegah Perundungan Harus Menjadi Kebiasaan dalam Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

  • Oleh Apriando
  • 12 April 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Suprayito, pengamat kebijakan publik dari Universitas Palangka Raya, menyatakan bahwa mencegah perundungan harus menjadi sebuah kebiasaan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat secara berkelanjutan. 

“Orangtua misalnya menasehati anak-anaknya untuk tidak melakukan perundungan. Begitu juga jika menjadi korban perundungan atau melihat orang menjadi korban bisa melaporkan,”ungkapnya, Rabu, 12 April 2023

Sekolah juga harus selalu mengimbau agar tidak ada perundungan melalui poster, pamflet, dan pesan-pesan dalam setiap kegiatan sekolah. Suprayito menambahkan bahwa tanggung jawab untuk mencegah perundungan terletak pada guru, orang tua siswa, masyarakat, dan pemerintah.

Jika masyarakat melihat perundungan terjadi, mereka harus membantu sebagai penengah dan memfasilitasi agar masalah tersebut segera ditangani. Pemerintah melalui kebijakan juga memiliki peran penting dalam membuat kebijakan terkait perundungan. 

Suprayito menekankan bahwa perlu ada kebijakan dan tindakan tegas untuk sekolah atau individu yang melakukan perundungan. Hal ini bertujuan agar kasus perundungan menjadi perhatian semua pihak. Pemerintah juga dapat memberikan penghargaan dan hukuman bagi sekolah atau individu yang mematuhi atau melanggar aturan terkait perundungan.

Suprayito berharap bahwa pemerintah dan lembaga pendidikan dapat meningkatkan program edukasi untuk mencegah perundungan. Suprayitno berpesan, kepada generasi muda harus pintar dalam memilih pergaulan, hindari lingkungan yang toxic untuk mememinimalisir perundungan.(APRIANDO)

Berita Terbaru