Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kapabilitas ASN untuk Memberikan Pelayanan Prima

  • Oleh Donny Damara
  • 18 April 2023 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Toga Hamonangan Nadeak meminta pemda agar dapat meningkatkan kapabilitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan dalam rangka memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Peningkatan kapabilitas ASN merupakan suatu hal yang penting, mengingat saat ini perkembangan zaman dan teknologi sangat cepat dan kompleks. Dimana aktivitas sosial masyarakat juga ikut terpengaruh, sehingga masyarakat pun menuntut adanya pelayanan publik yang tepat dan cepat.

"Pelayanan publik ini menjadi utama karena pelayanan itu artinya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan pemerintah meningkatkan kapabilitas setiap ASN-nya, maka SDM yang ada itu akan berkembang, semakin kreatif dan inovatif sehingga bisa menciptakan terobosan yang dapat menjawab tuntutan masyarakat dalam pelayanan," ucapnya, Senin, 17 April 2023.

Toga menilai, pelayanan yang diberikan tentunya tidak hanya pelayanan yang bersifat responsif namun juga inklusif, yaitu pelayanan yang selalu berusaha meningkatkan jasa pelayanannya dan menghapus prosedur yang dapat menghambat jalannya pelayanan.

Tidak hanya itu, etika dan budaya dalam memberikan pelayanan yang baik juga menjadi keharusan. Karena itu kapabilitas menjadi bagian penting. Dari situ ASN diarahkan untuk lebih profesional, berdedikasi tinggi, serta mampu melayani masyarakat dengan baik.

"Hakikatnya pemerintah merupakan pelayan masyarakat. Maka pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab penuh untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda secara baik dan profesional dari waktu ke waktu," tutupnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru