Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

72 WBP Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Terima Remisi Khusus Idul Fitri

  • Oleh ANTARA
  • 23 April 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 72 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, menerima remisi khusus Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Penyerahan remisi secara simbolis dilakukan oleh Kepala Rutan Tamiang Layang Surya Dharma di aula rutan, Sabtu, 22 April 2023.

Pada remisi secara simbolis tersebut Surya Dharma didampingi Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Kepala Seksi Pengelolaan serta Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tamiang Layang.

Saat diwawancarai Kepala Rutan menerangkan, remisi khusus hari raya Idulfitri adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana beragama Islam yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Menurutnya, di Rutan Tamiang Layang terdapat 108 orang warga binaan beragama Islam. Dari jumlah itu, 72 di antaranya mendapatkan remisi khusus Idul Fitri dengan rincian 17 orang mendapatkan remisi 15 hari, 51 orang mendapatkan remisi 30 hari, 3 orang mendapatkan remisi 45 hari dan 1 orang mendapatkan remisi 60 hari.

"Syarat untuk mendapatkan remisi ialah narapidana berkelakuan baik, telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun 6 bulan terakhir terhitung sebelum tanggal pemberian remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan Rutan," ungkapnya.

Surya mengatakan, dengan banyaknya warga binaan yang mendapatkan remisi khusus Idulfitri, hal tersebut membuktikan bahwa mereka mampu merubah diri menjadi lebih baik.

"Melalui pemberian remisi khusus Idul Fitri ini saya berharap dapat memberikan motivasi bagi warga binaan untuk berbuat lebih baik lagi, meningkatkan disiplin dan menjadi manusia yang taat hukum serta dapat meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Kepala Rutan. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru