Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Gunung Mas Beri Layanan Adminduk kepada 11 Pasangan Peserta Nikah Massal

  • Oleh Riska Yulyana
  • 30 April 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas memberkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada 11 pasangan peserta nikah massal di Kuala Kurun.

"Kemarin Sabtu, 29 April 2023, kami memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada 11 pasangan yang mengikuti nikah massal yang digelar oleh Majelis Jemaat Gereja Kalimantan Evangelis (GKE)," ujar Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil di Disdukcapil Gunung Mas, Iis Yukensi, Minggu, 20 April 2023.

Dia melanjutkan, pelayanan administrasi kependudukan yang diberkan yakni pencatatan akta perkawinan, serta pembaruan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

“Setelah menikah maka adminduk seseorang pasti berubah, baik itu di KK maupun di KTP elektronik. Perubahan yang dimaksud seperti alamat dan status perkawinan. Itu yang kami bantu urus kepada peserta nikah massal,” sambungnya.

Iis mengatakan, bahwa proses adminduk tidak memakan waktu lama, namun lantaran nikah massal dlaksanakan pada hari libur maka proses adminduk tidak dapat dilakukan saat itu juga.


"Nantinya jika seluruh proses adminduk sudah selesai, dokumen kependudukan yang baru akan disampaikan kepada panitia nikah massal. Nantinya panitia lagi yang akan menyerahkan kepada 11 pasangan peserta nikah massal," jelas Iis.

Acara nikah massal ini sendiri diselenggarakan oleh Majelis Jemaat Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Kuala Kurun. Disdukcapil Gunung Mas membuka pintu selebar-lebarnya, bagi lembaga keagamaan lain yang ingin memanfaatkan layanan adminduk saat pelaksanaan nikah massal. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru