Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Prakiraan Cuaca Barito Timur 1-3 Mei 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 April 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu merilis prakiraan cuaca Kabupaten Barito Timur untuk tanggal 1-3 Mei 2023. Data yang dikeluarkan BMKG terkait wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

"Pada Senin, 1 Mei, wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat ada lima kecamatan yaitu Pematang Karau, Raren Batuah, Dusun Tengah, Karusen Janang dan Kecamatan Patangkep Tutui," ungkap Kepala Stasiun Metereologi Sanggu Nur Setiawan dalam prakiraan cuaca yang diterima Borneonews, Minggu, 30 April 2023.

Selanjutnya pada Selasa, 2 Mei 2023, hanya ada tiga kecamatan dengan potensi cuaca yang sama yakni Kecamatan Karusen Janang, Paju Epat dan Kecamatan Awang.

"Sedangkan pada hari Rabu, 3  Mei, ada dua kecamatan yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang yaitu Karusen Janang dan Kecamatan Paju Epat," papar Nur Setiawan.

Dia menambahkan, potensi hujan sedang hingga lebat masih terjadi di sebagian besar wilayah di Kalimantan Tengah.

"Suhu udara Kalimantan Tengah berkisar antara 23 derajat celsius hingga 34 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar antara 55 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup dari Barat Daya menuju Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam," jelas Nur Setiawan.

Sedangkan kondisi atmosfer secara umum di Indonesia yang terpantau pada hari ini yaitu tekanan udara berkisar antara 1005 hingga 1012 hectopascal.

"Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat menuju Selatan, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari Tenggara menuju Barat," terangnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru