Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Alasan Mengapa Kesehatan Mental pada Remaja Sangat Penting

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 03 Mei 2023 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Menurut Undang-Undang No 18 Tahun 2014 bahwa kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan stress, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. 

Apakah kesehatan jiwa atau mental pada remaja sangat penting 

Menurut dr Jhonferi Sidabalok, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Barat (Kobar) bahwa kesehatan mental pada anak-anak terutama remaja sangatlah penting. 

"Ya sangat penting, karena orang  bersosialisasi dalam komunitasnya itu harus mampu menempatkan dirinya ini sebagai apa, seperti bisa mengatasi tekanan," ungkapnya pada Rabu, 3 Mei 2023.

Ia menjelaskan bahwa dalam kesehatan mental yang baik juga berpengaruh pada profuktivitas seseorang seperti kemampuannya dalam sosialisasi di lingkungannya.

"Dia mampu sadar bahwa kemampuannya seperti apa sehingga dia bisa secara produktif dan memberikan kontribusi positif terhadap komunitasnya maupun lingkungan termasuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya," jelasnya. 

dr Jhonferi Sidabalok menyampaikan bahwa jika kesehatan mental pada remaja terjaga dengan baik maka ada beberapa hal positif yang akan didapatkan, salah satunya ialah kemampuan dalam mengontrol emosional. 

"Pertama, mampu mengendalikan diri atau kematangan emosionalnya terkendali. Kedua, dia bisa atau gampang memahami lingkungannya sehingga dia bisa bekerjasama orang lain, selanjutnya dia mempunyai prinsip hidup, kalau mentalnya bagus dia punya prinsip hidup dan akan sulit dipengaruhi lingkungan negatif dari luar," ujarnya. (NURITA/H)

Berita Terbaru