Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mukhtarudin : Banyak Warga Kalteng Belum Nikmati Akses Jaringan Listrik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Mei 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat melakukan kunjungan atau reses di Provinsi Kalteng dan menerima aspirasi masyarakat dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Katingan, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengatakan hingga kini masih ada warga yang belum mendapatkan akses terhadap jaringan listrik, terutama di pedesaan.

Mukhtarudin menjelaskan, saat ia melakukan peninjauan ke Kelurahan Kumai Hilir Seberang, Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, diketahui terdapat 300 kepala keluarga yang belum merasakan terangnya listrik dari PLN.

"Kemudian di Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan juga terdapat 2 desa dan 2 kelurahan yang belum teraliri listrik dari PLN 24 jam," jelas Mukhtarudin, Kamis, 4 Mei 2023.

Padahal, menurut Mukhtarudin listrik dibutuhkan oleh rakyat, untuk keperluan rumah tangga, usaha dan komunikasi dan banyak hal lainnya 

"Tentunya sudah merupakan kewajiban, aspirasi masyarakat terkait listrik ini langsung saya respon dan follow up. Pertama adalah aspirasi masyarakat dari Kelurahan Kumai Hilir, dimana terdapat Empat RT yaitu, RT 17 18, 19 dan RT 20 yang belum ada aliran listrik dari PT PLN Persero," jelas Mukhtarudin.

Mukhtarudin menjelaskan terkait keluhan masyarakat  tersebut, Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini segera berkoordinasi dengan pihak PT PLN Persero baik secara lisan maupun tertulis kepada Direktur Distribusi PLN Pusat.

"Kemudian hal ini juga diteruskan dengan unit wilayah PLN unit Kalimantan Selatan dan Tengah dan juga dengan PLN Pangkalan Bun. Dari hasil koordinasi dengan pihak PT PLN, pihak PLN bilang akan segera tindak lanjuti tuntutan masyarakat masalah listrik tersebut, melalui program Listrik Desa tahun 2023," jelas Mukhtarudin.

Kemudian,  kurangnya pasokan listrik ini juga terjadi di Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Di Katingan Kuala, masyarakat melaporkan bahwa listrik di wilayah tersebut belum dinikmati warga 24 jam dan masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel," jelas Mukhtarudin.

Mukhtarudin menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan PT PLN Persero terkait kelistrikan di Kecamatan Katingan Kuala, untuk jangka pendek, rencananya Juli tahun 2023 listrik di Katingan Kuala diusahakan bisa menyala 24 jam.

Berita Terbaru