Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterbukaan Informasi Dorong Peran Aktif Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Mei 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Keterbukaan Informasi publik memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan termasuk untuk masyarakat.

“Salah satu urgensi pentingnya Keterbukaan Informasi Publik adalah untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik,” kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Kalteng) Sri Suwanto dalam keterangannya saat membacakan sambutan Sekda Kalteng dalam Bimtek di Palangka Raya, Selasa 9 Mei 2023.

Ia mengatakan pembuatan kebijakan yang dilakukan secara inklusif dengan melibatkan masyarakat dapat menciptakan mekanisme check and balance.

“Sehingga kebijakan publik yang tepat sasaran dan relevan dengan kebutuhan masyarakat diharapkan dapat terwujud,” tutur Sri.

Kemudian, dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik, diharapkan masyarakat dapat semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik.

Mulai dari tiap tahapan penetapan kebijakan publik yang ditelurkan seperti dari perencanaan, hingga evaluasi kebijakan. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru