Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kembangkan Perpustakaan Berbasis Teknologi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Mei 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Dinas Perpustakaan di daerah berusaha mengembangkan perpustakaan berbasis teknologi.

Mendorong hal ini Perpusnas RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK) di Kalteng.

“Bimtek SPP-TIK ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi,” kata Kepala Dispursip Provinsi Kalteng Nunu Andriani dalam keterangannya di Hotel Swissbell Danum, Palangka Raya, Selasa 9 Mei 2023.

Ia menyampaikan strategi perpustakaan berbasis teknologi dimulai dari strategi pelibatan masyarakat, strategi peningkatan layanan informasi dan strategi advokasi.

Nunu menuturkan pelaksanaan kegiatan Bimtek SPP-TIK sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kemudian ditindaklanjuti oleh Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

“Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat,” tuturnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru