Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPD di Lamandau Diminta Aktif Awasi Program Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 Mei 2023 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di daerah setempat aktif menjalankan funsi kontrolnya untuk melakukan pengawasan terhadap program yang ada di desa masing-masing.

“BPD harus menjadi sistem check and balance atau sistem pengawasan dan keseimbangan bagi pemerintahan desa,” pinta Bupati Hendra, Rabu, 10 Mei 2023.

Menurutnya, BPD adalah wakil masyarakat yang dipilih dan juga bagian dari pemerintahan desa (Pemdes) yang merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

“Diperlukan peran aktif masyarakat dalam merumuskan langkah kebijakan pemerintah, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujarnya.

Pemerintahan desa, kata Hendra, baik BPD dan kepala desa, merupakan mitra yang saling mendukung dan harus saling bersinergi dalam menjalankan program di desa. Hal ini semata-mata demi terwujudnya kemandirian Pemdes dan hasil akhirnya kesejahteraan masyarakat desa.

Bupati menambahkan, anggota BPD harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan senantiasa melakukan koordinasi maupun konsultasi. Selain itu, dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat dan pemkab, melalui pengalokasian Dana Desa (DD) dan Akokasi Dana Desa (ADD).

“BPD dan kepala desa harus mampu mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangannya,” pungkas Bupati. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru