Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Siapkan SDM Terlatih Hadapi Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 12 Mei 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya Sigit Widodo meminta pemerintah setempat agar memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi musim kemarau sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Pencegahan kebakaran hutan dan lahan di saat kemarau nanti memang penting, tapi tentu harus diiringi oleh peningkatan SDM yang terlatih," katanya, Jumat, 12 Mei 2023.

Menurutnya diperlukan SDM yang terlatih dalam menghadapi karhutla, agar dapat berperan maksimal dalam kesigapan mengambil tindakan saat terjadi bencana karhutla.

"Dengan SDM yang terlatih tentu mereka akan tahu tindakan seperti apa yang harus dilakukan saat di lapangan ketika adanya karhutla tersebut," ujarnya

Anggota Komisi C itu menyebut, dalam mengantisipasi dan melakukan pencegahan terhadap karhutla merupakan tanggung jawab bersama, selain di pemerintah ada BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Polri, TNI juga harus harus ada peran masyarakat dan pihak lainnya.

"Makanya di masing-masing kelurahan ada namanya masyarakat peduli api (MPA), selain itu peran perusahaan juga harus aktif dan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dalam pencerahan karhutla ini," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru