Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan di Barito Timur Mulai Menurun

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Mei 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Curah hujan di Kabupaten Barito Timur mulai menurun. Hal ini terlihat dari prakiraan cuaca di Barito Timur untuk tanggal 15-17 Mei 2023 yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Minggu, 14 Mei 2023.

"Pada tanggal 15 dan 16 Mei tidak ada wilayah di Barito Timur yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang," ungkap Kepala Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu, Nur Setiawan dalam rilis prakiraan cuaca yang diterima Borneonews.

Sedangkan pada tanggal 17 Mei 2023, hanya ada 8 wilayah atau kecamatan yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yaitu Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah.

Sebelumnya BMKG telah memprediksi awal musim kemarau tahun ini di Barito Timur terjadi pada Dasarian II (10 hari kedua) bulan Juni. Sedangkan puncak musim kemarau diprakirakan terjadi pada bulan September.

Dalam prakiraan cuaca mingguan yang berlaku hingga 20 Mei 2023, Nur Setiawan juga mengungkapkan, kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah umumnya berawan hingga hujan ringan.

Suhu udara berkisar antara 22 derajat celsius hingga 34 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar antara 55 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup dari Timur Laut menuju Selatan dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer.

"Tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1007 hingga
1014 hectopascal. Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Tenggara menuju Barat, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari Timur menuju Barat Daya," tandasnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru