Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Validasi Data Merupakan Langkah Awal Atasi Kemiskinan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 15 Mei 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hj Siti Nafsiah menyampaikan, ada sebuah cara untuk mengatasi masalah kemiskinan di Bumi Tambun Bungai.

Salah satunya adalah dengan cara validasi data masyarakat miskin di Provinsi Kalteng. Contohnya pastikan data yang ada di Dinas Sosial (Sosial) merupakan data yang valid, jangan sampai orangnya sudah meninggal namun datanya masih terdaftar.

Maka dari itu selain validasi, update data juga sangat diperlukan saat ini, untuk mencegah data yang salah dan mencegah bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) salah sasaran.

"Perlu kerja sama yang apik antara Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kecamatan, Kelurahan, Desa, RT, dan RW, untuk mewujudkan data yang update dan valid," katanya, Senin, 15 Mei 2023.

Lebih lanjut legislator asal Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengungkapkan, selain kerja sama yang apik, diperlukan juga keterbukaan data dan kepekaan para RT dan RW yang menentukan bahwa ada atau tidaknya warga yang tergolong miskin.

"Penanggungan miskin ini sangat banyak sekali opsi yang bisa dilakukan, apabila pendidikan rendah bisa dimasukan ke PKBM, apabila tidak memiliki keahlian bisa dimasukan ke UPT BLK," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru