Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispursip Kalteng Kunjungan ke Murung Raya

  • Oleh Trisno
  • 15 Mei 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Bidang Deposit, Pengolahan Bahan Pustaka dan Preservasi Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Roddy berserta rekan kerjanya melakukan penijauan ke Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Murung Raya.

Roddy mengatakan, tujuan dari kunjungan tersebut untuk meningkatkan sinergitas dan kerja sama agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya lebih meningkat lagi kedepannya untuk memberikan pelayanan lagi kepada masyarakat, kepada pustakawan, peneliti, anak sekolah dan lain sebagainya yang membutuhkan informasi.

Dimana ia mengungkapkan bahwasanya fungsi utama perpustakaan sesuai undang – undang no 43 tahun 2007 tentang perpustakan adalah institusi atau lembaga yang mengelola karaya certak, karya rekam tentang berbagai hal.

“Karya cetak dan rekam itu menjadi informasi yang diterbitkan menjadi sebuah buku yang diterbitkan oleh swasta pengarang dan sebagainya termasuk juga arsip – arsip Pemerintah itukan juga ada secara rutin mereka simpan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya ini,” terang Roddy.

Disisi lain ia menyebutkan bahwasanya ia membawa 4 orang rekannya kerjanya , diantarnya yaitu orang teknis yang memahami masalah perustakaan dan berbagai hal yang terkait dengan pemeliharaan serta juga bagaimana sebuah buku ataupun yang terkait perpustakaan itu dirawat.

Sementara, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya H. Mohammad Syahrial Pasaribu mengatakan menyabut baik kunjungan dan penijauan tersebut, sekaligus ia mengungkapkan dari pertemuan tersebut pihaknya banyak mendapati ilmu serta belajar bagaimana merawat bahan pustaka baik itu bahan dari buku-buku, koran atau majalah.

“Kami sangat mengapresisasi atas kunjungan dan peninjauan yang dilakukan, jadi kami belajar singkat tentang perawatan bahan pustaka, semoga kedepannya melalui sinergitas ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya kedepannya lebih maju lagi” ujar Syahrial Pasaribu.

Dalam pertemuan itu juga Kepala Dinas Perpustaakaan dan Kerasipan Murung Raya menyerahkan secara simbolisi dokumen RKPD kabupaten Murung Raya Termasuk kumpulan-kumpulan Perda Kabupaten Murung Raya dan buku – buku penerbitan dari BPS statistik tentang Murung Raya.

“Itu akan jadi dokumen di perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah, jadi kalau orang ingin mencari Murung Raya itu ada blok lokasi tentang Murung Raya walaupun sekarang ada internet” pungkas Syahrial Pasaribu. (Trs)

Berita Terbaru