Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Tingkatkan SDM Melalui Sektor Pendidikan

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Mei 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda khususnya provinsi supaya dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Tambun Bungai ini melalui sektor pendidikan.

Menurut Duwel, SDM yang handal dan berkualitas sangat penting untuk ditingkatkan atau diperbanyak, maka dari itu agar hal itu dapat diwujudkan sarana dan prasarana (sarpras) dan fasilitas pendidikan yang memadai perlu untuk dipenuhi.

"Selain itu keberadaan tenaga pengajar atau guru maupun sistem pembelajarannya juga perlu ditingkatkan, karena semua itu merupakan ujung tombak dalam upaya menciptakan SDM handal," ucapnya, Selasa, 16 Mei 2023.

Duwel mengatakan, pendidikan pastinya memiliki standar pelayanan minimal (SPM) baik itu kecukupan tenaga pengajarnya, sarpras, fasilitas, maupun sitem pembelajaran yang harus terpenuhi dengan baik. Oleh karenanya hal ini perlu untuk didorong.

"Karena di Kalteng sendiri masih banyak satuan pendidikan yang masih belum memenuhi SPM, contohnya saja di SMK banyak guru yang programnya kurang, bahkan program tertentu gurunya hanya satu saja ditambah lagi alat praktik yang kurang," ujarnya.

Lanjut Duwel, misalnya saja seperti SMK Otomotif di Tumbang Mangu, Kuala Kurun. Alat praktik di satuan pendidikan tersebut tidak ada, sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan SDM. Maka dari itu pemda perlu memperhatikan hal ini.

Tidak hanya itu, di Catur daerah Tamban yang berdekatan dengan lokasi food estate juga, disana ada SMK yang dengan guru program hanya satu orang saja, ditambah lagi alat praktik seperti hand tarctor hanya ada satu, ini tentu sangat memprihatinkan.

"Padahal food estate itu kan menerapkan sistem pertanian modern, menggunakan peralatan yang canggih. Bagaimana mereka nanti bisa untuk mengisi atau bekerja di food estate tersebut kalau dari alat praktik saja kurang memadai," tuturnya.

Oleh sebab itu, Duwel mengatakan persoalan seperti ini sudah sepatutnya menjadi tugas dan tanggung jawab serta perhatian bersama, sehingga kedepan SDM handal di Kalteng ini benar-benar bisa diciptakan sebanyak-banyaknya melalui sektor pendidikan

"Infrastruktur memang penting, tapi pendidikan juga penting bahkan sangat penting, jadi itu semua perlu diperhatikan dan disiapkan dengan baik serta maksimal, terlebih lagi SDM lokal kita sangat perlu untuk ditingkatkan kapasitasnta melalui sektor pendidikan," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru