Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterbukaan Informasi Publik Ciptakan Good Governance

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Mei 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng, Darliansjah mengingatkan efektivitas keterbukaan informasi publik dan pelayanan publik menciptakan Good Governance.

“Komitmen merupakan salah satu unsur penting dalam keterbukaan informasi publik,” tuturnya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Internal Pejabat PPID di Hotel Neo Palangka Raya, baru baru ini.

Ia mengatakan dengan adanya komitmen pimpinan badan publik yang didasari oleh adanya visi dan misi kepala daerah, maka implementasi program dan strategi yang dilakukan dapat meningkatkan efektifitas keterbukaan informasi publik.

Darliansjah mengingatkan komitmen pimpinan badan publik perlu didukung komitmen dari Tim PPID Pelaksana yang memiliki peran penting dalam pelayanan informasi publik.

“Dengan adanya komitmen maka pelaksanaan tugas dalam pelayanan informasi publik dapat dilaksanakan dengan lebih terarah,” ungkapnya

Dia menyampaikan bagian penting dalam komitmen pimpinan badan publik dalam keterbukaan informasi publik adalah adanya kepatuhan terhadap UU Nomor 14 Tahun 2008.

Ditambah lagi Peraturan Komisi Informasi (PERKI) Nomor 1 Tahun 2021, penyediaan anggaran dan ruang pelayanan PPID serta kelengkapan sarana prasarana (sarpras).

Kemudian, penguatan kelembagaan PPID dan kompetensi sumber daya PPID, reformasi sistem dan pola kerja serta pengembangan sistem pelayanan informasi.

Ditunjang dengan membangun budaya literasi informasi/keterbukaan informasi publik, dan adanya kolaborasi, kerja sama, serta inovasi. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru