Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Bangun BUMD untuk Mengelola Pasar Agar Lebih Berkembang

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 21 Mei 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor berencana membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola pasar agar lebih berkembang.

"Saya saat ini sedang membangun BUMD untuk mengurus pasar karena kalau diurus dinas tidak terurus," kata Halikinnor, Minggu, 21 Mei 2023.

Menurutnya, pasar tidak dapat berkembang apabila dikelola oleh dinas. Karena banyak hal yang mesti di selesaikan oleh dinas terkait, tidak fokus dalam pengembangan pasar saja.

"Saya bisa saja meminta untuk dianggarkan namun bisa jadi dinas terkait lupa atau digeser anggarannya. Belum lagi rencananya Disperdagin nanti akan digabung dengan Dinas Koperasi semakin banyak yang diurus," ujarnya. 

Dirinya menginginkan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) yang menjadi ikon pertama kota Sampit ini menjadi pasar tradisional dengan konsep semi modern. Dalam kondisi apapun pasar ini harus tetap berkembang. Seperti Pasar Tanah Abang di Jakarta yang tetap eksis meski digempur oleh pasar modern.

Halikinnor mengatakan, akan menunjuk direktur BUMD pengelola pasar dari kalangan pebisnis. Dirinya beranggapan pebisnis lebih tepat mengelola pasar karena memiliki pengetahuan dalam menjalankan usaha agar tetap bertahan. 

"Khusus BUMD ini akan saya tunjuk direktur dari masyarakat. Saya tidak angkat dari PNS karena jiwanya bukan pebisnis," imbuhnya. 

Selain PPM dirinya juga berencana menuntaskan Pasar Mangkikit. BUMD nantinya juga akan mengelola Pasar Mangkikit dan sejumlah pasar milih daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pedagang di Pasar PPM menyambut baik upaaya ini. Mereka menilai tidak berkembangnya pasar selama ini karena kurang dikelola.

"Harapan kami selalu ada kegiatan diagendakan di sini, karena biasanya mereka datang sambil berbelanja," kata Yudi pedagang PPM Blok Elektronik. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru