Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengoptimalisasi Sektor Perikanan Dinilai Akan Memberikan Dampak Positif

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Mei 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Potensi sumber daya alam (SDA) di wilayah Kalteng tentunya sangat besar tidak terkecuali di sektor perikanan. Potensi tersebut harus bisa dioptimalisasi agar membawa dampak positif bagi masyarakat maupun daerah.

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati menilai mengoptimalisasi sektor perikanan di wilayah Kalteng akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun pendapatan asli daerah (PAD). Namun, sektor ini belum bisa dimaksimalkan, mengingat pasokan ikan Kalteng masih bergantung dengan daerah luar.

"Ini menjadi kerugian, padahal kita punya banyak daerah perairan baik danau, sungai, maupun laut. Sudah seharusnya potensi yang sudah ada ini bisa lebih digali lagi peluangnya, sehingga kita bisa mandiri dalam pangan, nelayan kita menjadi sejahtera, PAD kita pun meningkat," ucapnya, Rabu, 24 Mei 2023.

Dikatakannya, dalam upaya memaksimalkan potensi tersebut, dukungan sarana dan prasarana penunjang, termasuk ketersediaan pakan yang murah dan terjangkau juga harus disediakan. Pasalnya, selama ini dalam mengembangkan ikan masyarakat masih terkendala mahalnya harga pakan.

"Pemerintah harus memfasilitasi, terutama soal pakan, karena memang banyak masyarakat telah manfaatkan peluang untuk menjalani usaha perikanan, ini yang perlu didukung agar mampu berkembang. Saya meyakini, jika sektor ini bisa dioptimalisasi dan dimaksimalkan, dampak positifnya akan sangat besar sekali," ujarnya.

Sementara itu, pengamat Doddy Syahirul Alam mengatakan, sektor perikanan merupakan satu dari tiga sektor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kalteng. Dari penelitian yang dilakukan, sektor perikanan, pertanian dan kehutanan memberikan sumbangsih peningkatan ekonomi Kalteng sebesar Rp45.765 miliar.

"Dari penelitian kami, perekonomian Kalteng selama periode 2010-2021 itu mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu ssebesar Rp45.765 miliar. Dengan capaian ini, diharapkan kedepan pemerintah bisa lebih mengatur regulasi yang mampu meningkatkan potensi ketiga sektor tersebut," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru