Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenalan di Facebook, Seorang Pria Nyaris Jadi Korban Pemerasan Akibat VCS

  • Oleh Pathur Rahman
  • 24 Mei 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seorang pria berinisial HA nyaris menjadi korban pemerasan oleh pelaku pemerasan dengan modus Video Call Sex atau sering dikenal dengan VCS.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas, AKBP Erlan Munaji mengatakan, kejadian berawal pada saat pria yang berprofesi di bidang olahraga tersebut berkenalan dengan seorang wanita di Facebook dengan nama akun berinisial LM.

"Setelah berkenalan dan bertukar nomor WhatsApp, keduanya ini intens menjalin komunikasi hingga suatu ketika pelaku mengajak korban VCS," katanya saat dikonfirmasi, Rabu, 24 Mei 2023.

Namun pada saat melakukan VCS, pelaku melakukan rekam layar. Usai melakukan VCS, pelaku mengirimkan video korban yang tengah beradegan syur ke korban dan meminta uang sebesar Rp 500 ribu agar video tersebut tidak disebarluaskan.

"Namun korban ini tidak mengirimkan uang tersebut dan melaporkan ke Ketua Tim Virtual Police Bidhumas Polda Kalteng, Ipda H Shamsuddin atau yang kerap disapa Cak Sam," ucapnya.

Ternyata Akun Palsu

Kemudian oleh Cak Sam, dilakukan profiling terhadap akun Facebook tersebut yang ternyata akun Facebook itu merupakan akun fake atau akun palsu. Pelaku yang merupakan seorang pria berdomisli di Pulau Sumatera, sengaja membuat akun dengan nama dan foto profil wanita untuk mencari korbannya.

"Setelah kita berikan edukasi dan pemahaman bahwa melakukan pemerasan dan menyebarkan konten pornografi merupakan tindakan yang melanggar hukum, pelaku akhirnya mau menghapus video tersebut," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru