Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pajak Kendaraan Jadi Sektor Tertinggi Penerimaan Pajak Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Mei 2023 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat sektor pajak kendaraan bermotor menjadi sektor tertinggi dalam penerimaan pajak daerah.

“Pajak daerah paling tinggi adalah pajak bermotor,” tegas Kepala Bapenda Kalteng, Anang Dirjo melalui Kepala Bidang Pajak Daerah, Robert Coven saat di Palangka Raya, baru baru ini.

Namun ia menjelaskan selain pajak kendaraan Pemprov juga menangani pajak bahan bakar kendaraan, kemudian bea balik nama kendaraan bermotor, pajak rokok dan pajak air permukaan.

“Ada lima jenis ini yang menjadi kewenangan Pemprov. Kemudian selebihnya merupakan sumbangan dari retribusi daerah dan lainnya yang sah serta hasil kekayaan daerah yang disahkan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk target Pedapatan Asli Daerah (PAD) diakuinya selalu mengalami kenaikan, pada tahun ini kenaikan berkisar 7 persen.

Bapenda Kalteng tetap optimis dengan jumlah penduduk dan kendaraan bermotor yang dinamis target dapat dicapai. Kemudian, kendaraan dinailai sudah bukan sesuatu yang mewah tapi sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk transportasi untuk saat ini.

“Kita optimis dengan adanya dinamika pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi akan meningkatkan pengguna kendaraan yang nantinya akan berdampak juga dengan peningkatan pajak kendaraan,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru