Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puncak Musim Panas di Kotim Diperkirakan Bulan Juli 2023

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 Mei 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puncak musim panas di Kabupaten Kotawaringin Timur diperkirakan terjadi pada Juli 2023.

"BMKG telah menyampaikan bahwa nanti diperkirakan bulan Juli itu puncak panasnya. Berarti panas itu sampe Agustus, September 2023 kemungkinan baru menurun panasnya," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Jumat, 26 Mei 2023.

Dirinya sempat menghadiri rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana kebakaran lahan dan hutan (karhutla) beberapa waktu lalu. Dalam rapat itu Badam Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit memaparkan prakiraan puncak musim kemarau 2023.

Sebagian besar wilayah Kotim mengalami puncak musim panas bulan Juli 2023, meliputi Kecamatan Antang Kalang, Baamang, Bukit Santuai, Cempaga, Cempaga hulu, Kota Besi, Mentawa Baru Ketapang, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hulu, Parenggean. Pulau hanaut bagian utara, Seranau, Telaga Antang, Telawang, dan Tualan Hulu

Sementara wilayah yang mengalami puncak musim panas bulan September 2023 meliputi Kecamatan Pulau Hanaut bagian Selatan dan Teluk Sampit.

BMKG memprediksi kemarau tahun ini cenderung lebih kering jika dibandingkan 2 tahun terakhir, hal tersebut menimbulkan dampak peningkatan resiko bencana kebakaran lahan dan hutan. 

"Kita tahu juga saat karen faktor El Nino, jadi terasa panasnya, memang masih ada hujan tetapi intensitasnya juga rendah," ujar Halikinnor dalam forum itu. 

Dirinya berharapan pada puncak panas itu tidak terjadi karhutla luar biasa yang mengakibatkan dampak terhadap semua aspek.

"Makanya saya menyampaikan dengan rekan-rekan yang selama ini menangani masalah pencegahan karhutla supaya lebih banyak mengedukasi masyarakat," demikian. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru