Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dampak Menahan Buang Air Besar

  • Oleh Pathur Rahman
  • 30 Mei 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BLUD UPT Puskesmas Pahandut dr Muhammad Rizal, ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang bahayanya menahan Buang Air Besar atau lebih dikenal (BAB).

Menurutnya, ada beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh menahan BAB, pertama feses atau kotoran menjadi keras, kedua memperlambat gerakan dari usus, baik usus kecil maupun usus besar.

Dampak negatif ketiga memicu infeksi usus, keempat rentan mengalami ambeien, kelima menimbulkan sensasi atau rasa sakit saat melakukan BAB, kelima memicu adanya radang usus buntu.

Dampak keenam meningkatkan risiko kanker usus besar. "Jadi akibat dari menahan BAB ini secara umumnya dapat menyebabkan beberapa masalah pada usus, untuk itu agar masyarakat diminta jangan menahan BAB," katanya, Selasa, 30 Mei 2023.

Lanjutnya, tidak hanya BAB, menahan Buang Air Kecil (BAK) pun dapat menyebabkan masalah pada saluran kemih, bahkan juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, yang berujung pada tindakan medis.

"Masyarakat Kota Palangka Raya, saya minta untuk tidak menahan BAB dan BAK terlalu lama, cari toilet terdekat apabila ada rasa atau hasrat ingin BAK maupun BAB yang sangat tinggi," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru