Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Berupaya Berangkatkan Atlet pada Porprov Meski Minim Anggaran

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Mei 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Meski dengan kondisi anggaran yang minim, Pemkab Barito Timur berupaya tetap memberangkatkan atlet dari berbagai cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov 2023 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Dengan kondisi yang ada kita berusaha untuk mempersiapkan diri walaupun ada banyak hambatan, kelemahan, kekurangan yang kita miliki terutama dari sisi anggaran, karena itu bersama cabor (cabang olahraga) kami melakukan rapat ketiga kalinya untuk persiapan menghadapi Porprov," kata Sekretaris Daerah Baroto Timur Panahan Moetar usai membuka rapat tersebut di Ruang Rapat Wakil Bupati Barito Timur, Rabu, 31 Mei 2023.

Menurutnya hingga kini belum ada jadwal yang pasti dari panitia Porprov, namun Panahan tetap berharap seluruh cabor yang telah mempersiapkan diri dapat berpartisipasi dalam ajang olahraga tingkat provinsi itu.

"Walaupun dengan berbagai kekurangan dan kelemahan kita berusaha menyajikan yang terbaik sehingga atlet-atlet kita ini memiliki kesempatan untuk mengukur kemampuannya karena saya juga sebagai mantan atlet kejurnas untuk cabor menembak sangat memahami dan merasakan bagaimana jiwa (perasaan) seorang atlet agar bisa mengukur prestasinya," ucapnya.

Sekretaris Daerah mengungkapkan, anggaran yang tersedia untuk Porprov saat ini hanya Rp1 miliar. Dia mengakui anggaran sebesar itu sangat minim untuk memenuhi kebutuhan persiapan, kostum, transportasi, akomodasi dan konsumsi atlet bersama ofisial.

"Sangat kurang, apalagi Porprov dilaksanakan di Sampit yang jauh dari Barito Timur," ujar Panahan.

Sementara itu Ketua Askab Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI Barito Timur Nursulistio, menyampaikan kesiapan PSSI untuk memberangkatkan atlet pada Porprov. Melihat kesulitan anggaran yang dialami Pemkab Barito Timur PSSI Barito Timur memutuskan untuk berlatih secara mandiri dengan anggaran swadaya.

"Jadi intinya kami akan terus berlatih secara mandiri sebisa yang kami mampu, dan nanti dalam waktu dekat ketika sudah menjelang berangkat ke sana saya akan membawa anak-anak TC (Training Center) di rumah saya di Batuah dengan meminjam lapangan sepakbola di Desa Tangkum kemudian kami mengatur ritme latihannya," jelas Nursulistio.

Dia hanya meminta bantuan kostum tim sepakbola sebanyak 2 set, sedangkan sepatu, kaos kaki dan bengkap akan disiapkan secara mandiri.

Berbicara sebagai Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio menegaskan kesiapannya untuk membahas tambahan anggaran jika dana Rp1 miliar yang ada saat ini tidak cukup untuk memberangkatkan atlet.

Berita Terbaru