Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Median Jalan di Depan PPM Sampit Menunggu Giliran Dibongkar

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 02 Juni 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Median jalan di depan Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit menunggu giliran dibongkar, setelah nantinya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Kotawaringin Timur membongkar Bundaran Tidar dan median jalan di depan RSUD dr Murjani Sampit.

"Median jalan di depan pasar PPM itu karena ada tiang listrik perlu koordinasi lagi dengan PLN. Sementara ini rencananya dipotong-potong saja, kemungkinan yang ada tiang listriknya kami biarkan," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Timur Kaspul Zain melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Jalan, Jembatan dan Draenase DPUPRPRKP Kotim, Slamet Giartono, Jumat, 2 Juni 2023.

Rencana pembongkaran median jalan di Jalan Iskandar depan Pasar PPM itu sebagai upaya mengatasi permasalahan lalu lintas. Median itu mengurangi kapasitas jalan sehingga kendaraan menumpuk dan menyebabkan kemacetan.

Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Timur Kaspul Zain melalui Kepala Seksi Jalan Rony Ilmiawan mengatakan pembongkaran median jalan di depan pasar PPM terkendala 6 buah tiang listrik di tengahnya.

Sehingganya apabila median Jalan Iskandar di lakukan Pembongkaran untuk perlu dibuat pembatas lingkaran di setiap tiang listrik dengan diameter kurang lebih 1 meter.

"Pembongkaran ini agar Kapasitas dan lebar jalan semakin besar sehingga arus lalu lintas kendaraan akan lebih lancar dengan catatan pembongkaran dibarengi dengan diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) dari Arah Icon Patung Jelawat menuju Pasar PPM Sampit," kata Roni. 

Pembongkaran dilakukan melalui kajian teknis Dinas Perhubungan serta berdasarkan hasil rapat koordinasi forum LLAJ Kabupaten Kotim yang digelar 17 Februari 2023.

Pengerjaannya melalui kegiatan rutin drainase, jalan dan jembatan, yang sudah ada pekerja, bahan dan alat. Sehingga tidak ada anggaran khusus. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru