Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tips Menjaga kesehatan Hewan Peliharaan

  • Oleh Apriando
  • 06 Juni 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya menjaga kesehatan hewan peliharaan agar tetap terhindar dari penyakit Rabies, Klinik Hewan Paws Health Palangka Raya memberikan tips dan trik yang dapat diikuti oleh para pemilik hewan peliharaan. 

Dinda Rahma Hadiputri seorang dokter hewan yang berpraktik di klinik tersebut, menyampaikan, beberapa langkah penting dalam menghindarkan hewan peliharaan dari penularan rabies. Yang harus dilakukan adalah memberikan makanan yang cukup kepada hewan peliharaan. 

“Nutrisi yang seimbang akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh hewan tetap kuat, sehingga mereka lebih mampu melawan infeksi penyakit, termasuk rabies,”ungkapnya, Selasa, 6 Juni 2023

Selain itu, kebersihan kandang juga merupakan faktor krusial dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan. Menjaga kandang tetap bersih dan higienis dapat mencegah hewan terpapar berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatannya.

Namun, langkah paling penting yang dapat dilakukan untuk mencegah terjangkitnya rabies adalah dengan melakukan vaksinasi pada hewan yang sudah cukup usia. “Vaksinasi ini akan memberikan kekebalan kepada hewan terhadap penyakit rabies, sehingga jika terkena gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi Rabies, mereka tetap dilindungi,”tuturnya.

Penyakit rabies dapat ditularkan melalui gigitan atau non-gigitan, seperti goresan, cakaran, atau jilatan pada kulit yang terbuka. Oleh karena itu, bagi hewan yang belum mendapatkan vaksinasi Rabies, sebaiknya pemiliknya menghindari kontak langsung dengan hewan liar.

Dinda juga menekankan bahwa penting untuk membatasi interaksi hewan peliharaan dengan hewan lain yang belum diketahui status vaksinasi Rabiesnya. “Hal ini akan membantu mencegah penularan penyakit antara hewan peliharaan dan hewan lain yang potensial terinfeksi Rabies,”pungkasnya.(APRIANDO/H)

Berita Terbaru