Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Berikan Solusi untuk Menstabilkan Harga Daging Ayam di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Juni 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mahalnya harga daging ayam ras di Kalteng dikeluhkan masyarakat. Bagaimana tidak harga daging ayam di pasar-pasar tradisional menembus Rp40 ribu hingga 45 ribu, dan ini dirasa sangat membebani.

Oleh karena itu, atas mahalnya harga tersebut pemda baik itu provinsi bersama dengan kabupaten dan kota diminta agar dapat memberikan solusi untuk menstabilkan harga danging ayam di Kalteng misalnya melalui pasar penyeimbang, memberikan subsidi atau membantu para peternak ayam.

"Bagi masyarakat harga ayam yang begitu mahal, itu sangat memberatkan. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin mengadakan acara seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Maka dari itu pemda harus bisa memikirkan solusi agar harga daging ayam bisa kembali stabil," ucap Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati, Selasa, 6 Juni 2023.

Dia mengatakan, salah satu penyebab mahalnya harga daging ayam itu dikarenakan naiknya harga pakan. Sehingga, pemda perlu membantu para peternak ayam di Kalteng. Misalnya dengan cara membangun idustri pengolah pakan maupun mendorong pengusaha berinvestasi untuk menyediakan pakan ternak.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang diketahui pakan ternak khususnya ayam masih didatangkab dari provinsi lain untuk memenuhi kebutuhan di Kalteng. Hal inilah yang memicu mahalnya harga pakan dan itu berimbas pada naiknya harga daging ayam.

Di sisi lain, dirinya mengakui bahwa pihaknya tentu sangat mendukung apabila anggaran untuk membantu sektor peternakan di Kalteng pada tahun 2024 ditingkatkan. Dengan adanya peningkatan anggaran tersebut maka pemda bisa mengadakan progam pakan murah hingga bantuan modal serta memberikan bantuan bibit ayam dan lain-lain.

"Harapan kita dengan peningkatan anggaran pada sektor peternakan ini salah satu yang bisa menstabilkan harga daging ayam kedepan. Namun, saat ini yang perlu dipikirkan yakni solusi menstabilkan harga daging ayam itu terlebih dahulu dengan solusi jangka menengah, kemudian nantinya dicarikan solusi jangka panjang," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru