Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendag Buka Ritel Khusus Produk Indonesia di Malaysia

  • Oleh ANTARA
  • 08 Juni 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Lumpur - Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan membuka mini market Domart yang khusus menjual 100 persen produk-produk Indonesia yang berlokasi di Setapak, Kuala Lumpur, Rabu.

Ia mengapresiasi Domart Sdn Bhd yang berhasil memperkenalkan produk-produk Indonesia di Malaysia. Terlebih lagi, 60 persen yang diperjualbelikan di sana merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas itu juga mengapresiasi pendiri Domart Wachidal Mustafa Dimyani yang mengimpor hasil UMKM dari Indonesia hampir 10 kontainer setiap bulannya.

Menurut dia, perdagangan Indonesia dengan Malaysia tertinggi di ASEAN, dengan total hampir mencapai 27 miliar dolar AS atau sekitar Rp401.48 triliun. Surplusnya cukup banyak, sehingga dirinya menyebut yang menjual produk Indonesia ke Malaysia cukup banyak.

Peran pekerja migran Indonesia di Malaysia terhadap surplusnya perdagangan cukup besar, menurut dia.

Sementara itu, Dimyani mengatakan memang pembukaan Domart tersebut menyasar diaspora atau warga Indonesia di Malaysia yang jumlahnya terbesar di dunia.

Faktor kedekatan, kemudahaan berkunjung tanpa visa, budaya, makanan membuat mobilisasi masyarakat kedua negara sangat mudah.

Untuk memenuhi kebutuhan mereka di Malaysia sangat besar sekali. Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan para diaspora yang ada di Malaysia sangat besar sekali, dan orang-orang yang menjual ritel produk Indonesia potensi jadi besar sekali.

Dimyani mengatakan setidaknya di tahun yang sama dapat membuka lima mini market khusus menjual produk Indonesia di Semenanjung Malaysia. Selain itu, ada punya rencana mengembangkan franchise atau waralaba.

Dengan adanya waralaba ritel produk Indonesia, menurut dia, tentu akan semakin mendekatkan mereka yang membutuhkan produk Indonesia di Malaysia. Untuk langkah awal akan berlokasi di Lembah Klang.

Berita Terbaru