Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Penggerak di Gunung Mas agar Bisa Jadi Katalis Sekolah Lain dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 15 Juni 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong berharap sekolah penggerak di wilayah setempat bisa menjadi katalis bagi sekolah lain dalam peningkatan mutu pendidikan.

"Kami selaku pemerintah daerah kabupaten gunung mas berharap program sekolah penggerak ini bisa menjadi katalis bagi sekolah sekolah lain terutama dalam peningkatan mutu pendidikan melalui kompetensi koginitif yaitu numerasi dan literasi," ujar Jaya, Rabu, 14 Juni 2023.

Jaya mengatakan, program sekolah penggerak merupakan program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi), maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

"Salah satunya menggunakan metode gasing ke guru dan siswa kita, yang
tentunya muara tujuan tersebut adalah meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Gunung Mas sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas saat ini yaitu meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia atau  smart human resources," papar Jaya.

Dia menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya telah menyelenggarakan pelatihan pandai berhitung dengan metode gasing, bekerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya di bawah binaan Prof. Yohanes Surya.

"Dengan metode gasing ini kami berharap aspek kompetensi kognitif dapat meningkat di setiap sekolah," tukas Jaya.

Sudah ada 80 guru dan 220 siswa di Kabupaten Gunung Mas yang telah mengikuti pelatihan berhitung dengan metode gasing dan pelatihan tersebut berlanjut melalui proses pengimbasan ke sekolah-sekolah. (RISKA YULYANA/J)

Berita Terbaru