Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Peningkatan SDM, Sektor Pendidikan Perlu Diperhatikan Dengan Serius

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Juni 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mengatakan pemda di provinsi ini harus dapat memaksimalkan peningkatan sumber daya manusia (SDM), untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi.

Maka dari itu salah satu sektor pendukung dalam upaya meningkatkan SDM ini seperti halnya pendidikan perlu diperhatikan dengan serius oleh pemda baik itu dari segi pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung pendidikan itu.

"Sektor pendidikan merupakan ujung tombak dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM. Tentu sektor ini harus diutamakan oleh pemerintah untuk diperhatikan secara menyeluruh baik yang ada di wilayah perkotaan hingga pedesaan," ucapnya, Kamis, 15 Juni 2023.

Ia mengatakan, mengenai hal itu aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung pendidikan harus dapat direalisasi atau diwujudkan oleh pemda di Kalteng.

Diungkapkannya bahwa banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat di daerah terkait itu ketika pihaknya melaksanakan reses. Misalnya saja seperti di Kelurahan Kumai Hulu, Kabupaten Kobar. Masyarakat disana menginginkan adanya pembangunan gedung SMA/SMK di wilayah setempat.

"Waktu itu informasi dari pihak Kelurahan Kumai Hulu bahwa mereka menganggap adanya SMA/SMK di wilayah kelurahan setempat sangat penting terlebih lagi saat ini diterapkan sistem zonasi, nah salah satu tujuan dari pembangunan SMA/SMK ini yaitu agar jarak anak-anak juga lebih dekat untuk sekolah," tuturnya.

Dalam rangka mendukung pembangunan SMA/SMK itu, pihak Kelurahan Kumai Hulu pun telah mempersiapkan lokasi tanah seluas 2 hektare. Adanya niat untuk memajukan dunia pendidikan dan perhatian terhadap peningkatan SDM tersebut sangat diharapkan aspirasi itu bisa diwujudkan oleh pemda.

"Masyarakat disana sangat berharap, dan kita pun ingin itu direalisasi. Karena tujuan mulia serta perhatian terhadap peningkatan SDM ini sangat perlu didukung oleh pemerintah dalam hal ini Pemprov Kalteng, sebab kewenangan dalam memperhatikan pendidikan pada tingkat SMA/SMK/SLB itu ada di provinsi," tukasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru