Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akreditasi Lembaga Pendidikan Perlu Diperhatikan, ini Alasannya

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Juni 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pendidikan merupakan sektor penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di Kalteng. Dalam rangka menjamin peningkatan itu berjalan baik maka akreditasi lembaga pendidikan atau sekolah menjadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan.

Anggota DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan akreditasi berperan dalam membantu untuk mengetahui sejauh mana sekolah tersebut telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau standar nasional pendidikan sebagai standar minimal kualitas.

"Pemda perlu meningkatkan standar nasional pendidikan melalui peningkatan akreditasi sekolah. Sebab, peningkatan akreditasi ini penting tidak hanya untuk meningkatkan mutu, tetapi juga peningkatan pelayanan pendidikan di Kalteng," ucapnya, Kamis, 15 Juni 2023.

Ia menjelaskan, akreditasi bukan hanya sekedar kegiatan untuk peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh asesor, melainkan harus melibatkan stakeholder serta rekomendasi. Sehingga mutu pendidikan dari sekolah yang masih lemah bisa diperbaiki dan ditingkatkan.

Disamping itu, tidak hanya sebagai penjamin mutu. Akreditasi juga bertujuan agar dapat mewujudkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sekolah dan pemenuhan standar sarana prasarana dalam satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Kami merasa akreditasi perlu menjadi perhatian pemerintah melalui instansi terkait. Tiidak hanya di fokuskan pada sekolah di perkotaan tapi juga yang ada di pelosok. Karena hal ini memang berkaitan dengan kualitas dan mutu. Selain itu, kita juga bisa melihat sejauh apa potret pendidikan yang ada di Kalteng ini," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru