Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IKM Harus Berdasarkan Inisiatif dan Hasil Refleksi Sekolah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Juni 2023 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Tomy Haridjaya menyebut jika Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) harus berdasarkan inisiatif dan hasil refleksi sekolah.

“Agar penerapannya tumbuh secara organik dan tidak dipaksakan,” ungkap Tomy saat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Lamandau, baru-baru ini.

Menurut Tomy, pemerintah daerah perlu mendukung penguatan karakter pada anak agar merdeka lebih bebas berekspresi. Sebab, setiap anak memiliki gaya belajar dan keunikannya sendiri-sendiri.

“Kita dukung anak-anak pintar atau sukses dengan keunikannya masing-masing di bidangnya seperti seni, matematika, musik, namun nilai-nilai Pancasila harus tetap terpatri dalam jiwa peserta didik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lamandau, Abdul Kohar mengatakan, pihaknya akan menyiapkan beberapa dukungan untuk mendampingi guru-guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya melalui pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar secara lebih masif dan optimal.

Output dan outcome dari Implementasi Kurikulum Merdeka akan menjadi indikator kinerja,” sebutnya.

Ia berharap, dengan Implementasi Kurikulum Merdeka peserta didik memiliki daya saing yang kuat, dapat bertahan di tengah berbagai tantangan zaman, mampu menggerakkan dan mempengaruhi orang lain secara positif dan pintar menempatkan diri.

“Serta mampu bekerja sama. Kunci dari ini semua adalah melalui pendidikan,” tuturnya.

Namun, ia juga memahami bahwa kunci keberhasilan dari implementasi Kurikulum Merdeka tersebut adalah bagaimana guru-guru harus belajar melalui komunitas belajar dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.

“Kita perlu mendorong guru-guru kita belajar di platform dan di komunitas belajar guru,” tandasnya.(HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru